Contoh Penggunaan If Else Menggunakan C++

If Else di C++

If else merupakan salah satu perintah pengkondisian dalam bahasa pemrograman termasuk di C++, contoh penggunaannya terjadi saat terdapat dua pemilihan atau lebih dengan masing-masing pilihan memiliki kondisi berbeda.

Jika kondisi lebih dari dua Anda dapat menggunakan if bersarang, akan tetapi contoh penggunaan if else menggunakan C++ kali ini hanya berpusat pada dua kondisi.

Kasusnya adalah jika PIN yang dimasukkan benar maka akan memunculkan inputan data berupa nama. Jika salah maka akan memunculkan teks pemberitahuan bahwa PIN tidak sesuai, PIN-nya adalah 1234.

Dari pernyataan di atas kita dapat memperoleh dua kondisi, yakni benar dan salah. Saat benar maka akan muncul inputan dan saat salah muncul berupa teks pemberitahuan.

Saya menggunakan aplikasi Dev-C++ untuk menjalankannya dan menggunakan perintah printf dan scanf dari bahasa C untuk model murni C++ ada setelahnya, berikut adalah kodenya.

#include<iostream>

int main(){
	
	int pin=1234;
	char nama;
	
	printf("Masukkan PIN		: ");
	scanf("%d" ,&pin);
	
	if(pin==1234)
	{
		printf("\nMasukkan Nama Anda	: ");
		scanf("%s" ,&nama);
	}
	else{
		printf("\nPIN yang Anda masukkan salah!");
	}
	
	return 0;	
}

Nilai PIN sifatnya tetap, tidak berubah-rubah seperti yang disebutkan pada kasus. Sebab itulah variabel pin lansgung diisi oleh deretan angka 1234 yang termasuk dalam tipe data int.

Kemudian variabel nama bersifat dinamis yang artinya tergantung data yang dimasukkan oleh pengguna. Oleh karena itu diperlukan perintah scanf("%s" ,&nama).

%s berfungsi untuk menunjukkan bahwa inputan berupa teks dan ,&nama menandakan bahwa data yang dimasukkan akan disimpan dalam variabel nama.

Contoh If Else Murni C++


Fungsi atau perintah yang digunakan dalam C++ untuk menampilkan ataupun memasukkan data dari keyboard adalah cout dan cin. Kodenyanya kurang lebih seperti berikut.
#include<iostream>
using namespace std;

int main(){
	
	int pin=1234;
	char nama[50];
	
	cout << "Masukkan PIN		: ";
	cin >> pin;
	
	if(pin==1234)
	{
		cout << "\nMasukkan Nama Anda	: ";
		cin >> nama;
	}
	else{
		cout << "\nPIN yang Anda masukkan salah!" << endl;
	}
	
	return 0;	
}

Berikut adalah hasil yang muncul apabila PIN yang dimasukkan benar.

Contoh If Else

Jika salah maka menampilkan teks.

Contoh If Else

Demikianlah contoh penggunaan if else menggunakan C++ secara sederhana, semoga bermanfaat.

0 Comments

Posting Komentar