Contoh Program Perulangan Sederhana di C++

Looping di C++

Pernahkah kamu mendapat soal untuk membuat program yang mengulang suatu data sebanyak 10 kali atau mungkin lebih? Untuk menyelesaikannya kita pernah berpikir untuk menulis data tersebut sebanyak 10 kali. Gak salah sih, tapi bagaimana jika soalnya menugaskan untuk mengulang data sebanyak 1000 kali? Pasti pegel tuh.

Untungnya dalam bahasa pemrograman terdapat fungsi perulangan. Macam-macam perulangan pada C++ terbagi 3 jenis, yakni ada For, While dan Do-While. Di bawah merupakan kode untuk contoh program perulangan sederhana di C++.

Perulangan For

Looping C++

For memiliki fungsi untuk mengulang proses yang telah diketahui jumlahnya, contoh perulangan For di C++ adalah sebagai berikut.

#include<iostream>
using namespace std;

int main(){
	 
	 int i;
	 
	 for(i=1;i<=10;i++)
	 {
	 	cout << "Urutan ke-" << i << endl;
	 }
	 	
	return 0;
}

Tidak perlu bernama i, Anda dapat mengubah nama variabelnya sesuka hati selama tidak menyalahi syarat penulisan variabel.

Perulangan While

Looping C++

Dengan menggunakan perulangan While, program akan terus melakukan perulangan sesuai dengan pernyataan selama kondisi bernilai benar. Kondisi pada perulangan ini sama dengan model perulangan For, ia akan berhenti jika kondisi tidak sesuai pernyataan.

#include<iostream>
using namespace std;

int main(){
	 
	 int i;
	 
	 i=10;
	 
	 while(i<=20)
	 	{
	 		cout << "Baris ke-" << i << endl;
	 		i++;
	 	}
	 	
	return 0;
}

Perulangan Do-While

Looping C++

Struktur perulangan Do-While hampir sama dengan While, hanya saja pengecekan kondisi dilakukan terakhir. Sehingga meski pun saat kondisinya salah akan tetap melakukan perulangan setidaknya satu kali.

#include<iostream>
using namespace std;

int main(){
	 
	 int i;
	 
	 i=10;
	 
	 do
	 	{
	 		cout << "Baris ke-" << i << endl;
	 		i++;
	 	}while(i<=6); //Kondisi tidaklah terpenuhi / FALSE
	 	
	return 0;
}

Itulah contoh program perulangan sederhana C++, kurangnya mohon dimaafkan. Jangan sungkan juga untuk mengkoreksi, memberi masukan, atau kritik membangun. Terima kasih.


Jangan lewatkan juga contoh lainnya yakni Membuat Program C++ Sederhana Menghitung Luas Bangun Datar.

0 Comments

Posting Komentar